Duet Franco Morbidelli dan Valentino Rossi Bisa Jadi Masalah Besar

Duet Franco Morbidelli dan Valentino Rossi Bisa Jadi Masalah Besar

 Jakarta - Semua tim MotoGP 2021 mengganti komposisi pembalap selain Suzuki Ecstar yang masih menurunkan Joan Mir sang juara bertahan dengan Alex Rins.

Selebihnya tim-tim setidaknya memiliki satu pembalap baru. Dan dari banyaknya perubahan komposisi pembalap, kolaborasi antara Franco Morbidelli dan Valentino Rossi di tim satelit Petronas Yamaha SRT paling menarik.

Valentino Rossi bersama dua anak didiknya di akademi VR46 yang sudah mentas di ajang MotoGP: Franco Morbidelli dan Pecco Bagnaia. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Maklum Valentino Rossi adalah guru dan sosok paling berjasa dalam karier seorang Franco Morbidelli yang merupakan anggota akademi balap VR46 yang notabene dimiliki pembalap berusia 41 tahun itu.

Banyak yang memprediksi, lantaran hubungan di atas, duet Franco Morbidelli dan Valentino Rossi bakal sangat harmonis pada MotoGP 2021.

Namun tidak sedikit juga menyebut duet di atas juga sangat riskan menerima gesekan. Hal ini diprediksi oleh Danilo Petrucci yang pada MotoGP 2021 akan memperkuat tim satelit KTM Tech3.

"Morbidelli tahun lalu sangat cepat pada akhir musim meski tampil dengan mesin yang tidak maksimal. Ini bisa sangat berbahaya," kata Danilo Petrucci.

"Saya tidak tahu apakah mereka akan saling membantu lebih dari biasanya dengan Valentino Rossi. Mereka bisa menjadi masalah besar," lanjut pembalap yang juga berasal dari Italia.

3 Pembalap Akademi

Valentino Rossi (kanan) dan Franco Morbidelli. (AFP/Jose Jordan)

MotoGP 2021 memang jadi musim spesial untuk Valentino Rossi. Bukan hanya bakal beralih dari tim pabrikan Yamaha ke tim satelit Petronas Yamaha SRT, tapi ia juga bakal melawan tiga anak didiknya di akademi.

Seperti yang dibahas di atas, Franco Morbidelli bahkan jadi rekan setimnya. Padahal untuk motorsport, mengalahkan partner tim merupakan tugas pertama seorang pembalap.

Kemudian ada juga Pecco Bagnaia yang berstatus pembalap pabrikan Ducati. Ketiga lawan Valentino Rossi dari akademi VR46 adalah adiknya sendiri, Luca Marini. Luca Marini bakal balapan untuk tim satelit Ducati, Avintia.